Pengertian PHP dan Syntax dalam PHP




Mungkin kalian masih bingung apa sih PHP itu. Disini saya akan membahas dan mempelajari tentang PHP (Hyprtext Prepocessor). Tidak hanya itu sejarah PHP, Macam-macam Tipe Data, kelebihan dan sintaksis dasar PHP. Awalnya saya juga masih bingung tetapi saya ingin mempelajari lebih jauh lagi tentang apa itu PHP.

A. Pengertian


PHP (Hypertext Preprocessor) adalah sebuah bahasa skrip yang dapat disisipkan ke dalam HTML atau sebuah bahasa pemrograman dengan menggunakan logika. PHP sering digunakan dalam program web donamis. Juga dapat dugunakan untuk membangun sebuah CMS. Apa itu CMS? CMS (Contrnt Management System) adalah suatu perangkat lunak yang digunakan untuk memanipulasi (mengubah isi) dari suatu situs web. CMS terdiri dari dua elemen yaitu :
  • aplikasi management isi ( Content Management Application CMA )
  • aplikasi pengiriman isi ( Content Delivery Application CDA )

B. Latar Belakang


PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdroft pada tahun 1995. waktu itu PHP masih bernama Form Interpreted (FI). Pada november 1997 interpreter PHP sudah diimplementasikan dalam program C. Pada tahun 1997 sebuah perusahaan bernama Zend menulis ulang interpreter baru menjadi lebih bersih, lebih baik, lebih cepat. Pada pertengahan tahun 1999 Zend merilis interpreter PHP baru yang dikenal dengan PHP 4.0 . versi ini banyak dipakai karena disebabkan kemampuannya untuk membangun aplikasi web komplek akan tetapi tetap memiliki kecepatan dan stabilitas tinggi. Pada juni 2004 Zend merilis PHP 5.0, pada versi PHP 5.4 server web bawaan ditambahkan untuk mempermudah pengembangan menjalankan kode PHP tanta menginstall software server.

a. Syntax Dasar PHP
  1. Pembatas adalah tujuan suatu kode untuk memisahkan kode PHP dari kode luar PHP,seperti HTML, Java script. Contoh pembaras yang paling umum adalah “<?php” untuk membuka “?>” untuk menutup.
    Contoh penulisan pembatas :

    <?php

    echo "Pembatas PHP" ;

    ?>

  2. Variabel adalah suatu besaran yang dapat berubah dan diubah sehingga dapat mempengaruhi sebuah penelitian. Simbol dari variabel adalah dolar ( $ ). sebagai contoh variabel dapat ditulis $nama_pembeli.
    Penulisan fungsi, penamaan kelas, nama variabel adalah peka akan huruf besar (kapital) dan huruf kecil. PHP menerjemahkan baris sebagai spasi dan harus diakhiri dengan titik koma ( ; ). tanda kutip “” memberikan kemampuan untuk interpolasi nilai variabel ke dalam sting PHP.
    Contoh penulisan variabel :

    <?php

    $variabel1="Ini variabel satu";
    $variabel2="Ini variabel dua";

    echo "Variabel dimulai dengan karakter dollar \$";
    echo "<br />";
    echo $variabel1;
    echo "<br />";
    echo $variabel2;

    ?>
  3. Komentar adalah PHP memiliki 3 jenis sintaks sebagai komentar pada kode yaitu : tanda blok /**/ , komentar 2 baris //, serta tanda pagar # digunakan untuk komentar satu baris. Komentar bertujuan untuk meninggalkan catatan pada kode program PHP dan tidak akan diterjemahkan ke program.

     <?php 

    /* Contoh blok komentar
    bisa lebih dari satu
    baris */

    // komentar untuk satu baris

    # komentarsatu baris

    ?>


  4. Fungsi adalah kode program yang dirancang untuk menyelesaikan sebuah tugas tertentu dan merupakan bagian dari program utama.
    Sebagai contoh :

    <?php  

    function tampilkan($data="")  // Mendefenisikan fungsi, "tampilkan" adalah nama sebuah fungsi
    {   //Diapit oleh tanda kurung kurawal
    if($data) return $data;  else return 'Tidak ada data';   // Melakukan proses pengolahan data, contohnya melalui kondisi
    }

    echo tampilkan("isi halaman")   // Menjalankan fungsi   


    ?>
b. Kelebihan PHP dari bahasa pemrograman lain
  1. Sebuah bahasa scrip yang tidak melakukan sebuah kompilasu dalam penggunaanya.
  2. Web server yang mendukung PHP dapat ditemukan dimana-mana, dan konfigurasi yang relatif mudah.
  3. Banyak milis milis developer yang siap membantu dalam pengembangan, sehingga pengembangan lebih mudah.
  4. Memiliki referensi yang cukup banyak.
  5. PHP adalah bahasa Open Source yang dapat digunakan di berbagai mesin ( Linux, Unix, Macintosh, Windows) dan dapat di jalankan secara rutime melalui console serta juaga dapat menjalankan perintah perintah system.

C. Tipe Data

 

PHP memiliki 8 tipe data yaitu :
  • Boolean
  • Integer
  • Float/Double
  • String
  • Array
  • Object
  • Resource
  • NULL

D. Referensi