Assalamu’alaikum…


          Hai sobat.. kembali lagi di blog saya, kali ini saya akan menjelaskan penggunaan JavaScript. Pada pembahasan ini cukup singkat karena penggunaan javascript hanya terdiri dari penggunaan secara Internal dan Eksternal saja, mari kita lihat dan pahami.

Pengertian 
 
       Seperti yang telah di jelaskan bahwa Javascript berfungsi untuk membuat interaksi pada halaman website atau aplikasi yang di bangun berbasis website.

Latar Belakang

Cara Penulisan Syntax Javascript
pengetahuan dasar yang harus kita ketahui dari Javascript adalah sebagai berikut :
  • Di simpan dengan ekstensi .js.
  • Di tulis dalam tag <script>
  • Di letakkan di bagian element tag <head> atau tag <body>
  • Javascript bersifat case sensitive.
  • Di setiap akhir baris harus ditutup dengan titik koma/semicolon (;).
Syntax javascript bisa digunakan dengan 2 cara teman teman. Yaitu dengan cara disisipkan pada halaman HTML langsung, dan satu lagi dengan cara menyimpan file javascript dengan ekstensi .js. Dan kemudian menginclude nya pada HTML.

Menggunakan Java Script Secara Internal

Penulisan javascript secara internal adalah dengan cara menyisipkan langsung syntax javascript di dalam HTML. Jika teman-teman menggunakan cara ini maka teman-teman harus meletakkan di antara tag <script> pembuka dan tag </script> penutup. Dan meletakkannya bisa di dalam tag <head>, bisa juga di dalam tag <body>. Buat file HTML untuk membuat contoh penggunaan javascript secara internal. Bisa file html bisa juga php. Karena javascript mampu berjalan di antara keduanya. Di sini saya hanya membuat file html saja sebagai contoh.
Buat file HTML dengan nama belajar.html

<html>
<head>
<title>Belajar Javascript</title>
</head>
<body>
<h1>Belajar Javascript</h1>
<h2>lailaa08.blogspot.com<h2>
<div id=”nama”></div>

<script>
document.getElementById(“nama”).innerHTML=”Nama Saya Laila”;
</script>
</body>
</html>



pada contoh diatas, terdapat sebuah element div yang kita beri id=”nama”. Dan kemudian kita memberikan sentuhan javascript di sana dengan perintah :

document.getElementById(“nama”).innerHTML=”Nama Saya Laila”;


document adalah syntax wajib di javascript , dan fungsi getElementById() berungsi untuk memerintahkan mendapatkan element yang ber id sesuai dengan yang ada dalam parameter fungsi getElementById() itu sendiri. Penulisannya harus di perhatikan ya teman-teman besar kecilnya. Karena javascript bersifat case sensitive. Yang dimaksud case sensitive adalah suatu sifat yang berpengaruh terhadap huruf besar dan huruf kecil, di sini case sensitive itu sensitif terhsdsp huruf besar atau kecil. Dan innerHTML berfungsi untuk menuliskan html. Jadi secara lengkap instruksi yang kita serukan adalah kita masukkan untuk menuliskan “Nama Saya Laila” di element yang ber id “nama”. Jika dijalankan pada browser sebagai berikut :










Menggunakan Javascript Secara Eksternal

Setelah membahas cara penulisan javascript secara internal, atau dengan cara menyisipkan syntax javascript pada html, maka di sini kita akan membahas cara lainnya untuk menggunakan javascript, yaitu dengan cara menggunakan javascript secara eksternal. Caranya yaitu buatlah dua file yaitu :
belajar.html
belajar.js

di file belajar.html kita akan menuliskan syntax HTML nya saja. Dan pada belajar.js kita akan menuliskan syntax javascript nya pada file belajar.js . cara agar kedua file bisa terhubung adalah dengan cara menghubungkannya dengan syntax berikut :

<script type="text/javascript" src="belajar.js"></script>

belajar.html

<html>
<head>
<title>Belajar Javascript</title>

</head>
<body>
<h1>Belajar Javascript</h1>
<h2>lailaa08.blogspot.com</h2>

<div id="nama"></div>
</body>
<script type="text/javascript" src="belajar.js"></script>
</html>


belajar.js

document.getElementById("nama").innerHTML = "Nama Saya Laila";

jika dijalankan maka hasilnya akan sama.


Maksud dan Tujuan
mengetahui bagaimana cara penulisan penggunaaan javascript.

Alat dan Bahan
  1. Laptop
  2. File Items
  3. Text Editor

Hasil yang di harapkan
dapat mengetahui dan mempraktikkan penggunaan Javascript.

Referensi