Bootstrap

Assalamu’alaikum..

Hai sobat kali ini saya akan mmemmberitahu apa itu Bootstrap dan untuk apa sih Bootstrap itu, pasti kalian pengen tau. Pada uraian ini terdapat pengertian Bootstrap, kelebihan dan cara menDownload Library pada Bootstrap. Yuk kita baca sama sama karena dengan membaca kita jadi mengert dan paham dan tentu saja jadi bisa membuat halaman web dengan Bootstrap…
Pengertian
Bootstrap adalah sebuah library framework CSS yang dibuat khusus untuk bagian pengembangan front-end website. Bootstrap juga merupakan salah satu framework HTML, CSS dan javascript yang paling populer di kalangan web developer yang digunakan untuk mengembangkan sebuah website yang responsive. Sehingga halaman website nantinya dapat menyesuaikan sesuai dengan ukuran monitor device (desktop, tablet, ponsel ) yang digunakan pengguna disaat mengakses website website dari browser.

Latar Belakang
Bootstrap dikembangkan oleh Mark Otto dan Jacob Thornton di Twitter, dan dirilis sebagai produk open source pada bulan Agustus 2011 di GitHub. Pada mulanya bootstrap bernama "Twitter Blueprint" yang dikembankan oleh Mark Otto dan Jacob Thornton di Twitter sebagai kerangka kerja untuk mendorong konsistensi di alat internal. Dengan menggunakan Bootstrap seorang developer dapat dengan mudah dan cepat membuat front-hend sebuah website. Kalian hanya perlu memanggil class-class yang diperlukan, misalnya membuat tombol, grid, tabel, navigasi dll. Bootstrap telah menyediakan kumpulan komponen class interface dasar yang telah dirancang sedemikian rupa untuk menciptakan sebuah tampilan yang menarik dan ringan. Selain itu Bootstrap juga memiliki grid yang berfungsi untuk mengatur layout pada halaman website. Selain itu developer juga dapat menambahkan class dan CSS sendiri, sehingga memungkinkan untuk membuat desain yang lebih variatif.
Bootstrap sendiri sudah kompatibel dengan versi terbaru dari beberapa browser seperti google
chrome, firefox, internet explorer, dan safari browser. Meskipun beberapa browser ini tidak
didukung pada semua platform.
Bootstrap menyediakan seperangkat stylesheet yang memberikan definisi gaya dasar untuk semua komponen kunci HTML. Memberikan tampilan yang seragam dan modern untuk memformat teks, tabel dan elemen bentuk.


Stuktur dan Fungsi:

Bootstrap bersifat modular dan terdiri dari serangkaian styles kurang yang menerapkan berbagai komponen toolkit. Lembar kerja ini umumnya disusun menjadi bundel dan disertakan dalam halaman web, namun komponen individual dapat disertakan atau dihapus. Bootstrap menyediakan sejumlah variabel konfigurasi yang mengendalikan hal-hal seperti warna dan padding berbagai komponen. Setiap komponen Bootstrap terdiri dari struktur HTML, deklarasi CSS, dan dalam beberapa kasus yang menyertai kode JavaScript.

Ada beberapa kelebihan antara lain :
  • Dapat mempercepat waktu proses pembuatan front-end website
  • Tampilan Bootstrap yang sudah cukup modern
  • Tampilan Bootstrap sudah reponsive, sehingga mendukung segala jenis resolusi, baik itu PC, tablet, dan juga smartphone.
  • Website menjadi sangat ringan ketika di akses, karena bootstrap dibuat dengan sangat terstruktur.



Untuk Menggunakan Bootstrap tentu saja dalam komputer atau laptop kita, harus sudah terinstall Lamp Server, gunanya yaitu untuk membuka program Bootstrap jika menggunakan PHP, jika tidak menggunakan PHP, bisa dibuka melalui browser biasa. Di sini juga sama kok dalam bootstrap hanya terdapat HTML dan CSS saja. Jadi jika kita paham HTML dan CSS sudah pasti sangat mudah jika memahami Bootstrap.

Cara Download Library Bootstrap di Laptop, tutorialnya sebagai berikut :

  • Pertama kita harus online internet dulu, kemudian buka https://www.w3schools.com/






     
  • Kemudian klik pada menu bagian kiri “Learm Bootstrap 3”









  • Selanjutnya klik menu bagian samping kiri “BS Get Started”








  • Setelah itu Copy
  1. buka di browser klik https://maxcdn.bootstrapcdn.com/bootstrap/3.3.7/css/bootstrap.min.css tekan tobol Ctrl+A untuk nge blok tulisan, copykan pada text editor, setelah itu simpan dengan nama “bootstrap.min.css”
















  2. kedua, buka di browser klik https://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/3.2.1/jquery.min.js seperti yang pertama tadi, simpan dengan nama “jquery.min.js”




















  3. ketiga, buka di broser klik https://maxcdn.bootstrapcdn.com/bootstrap/3.3.7/js/bootstrap.min.js Simpan dengan nama “bootstrap.min.js”









Selesai…
jika proses itu sedah selesai, kita bisa menggunakan atau mempraktikkan program kita menggunakan Bootstrap, tapi harus ingat program ang kita buat harus satu folder dengan ketiga library tadi.

Maksud dan Tujuan
  • mengerti apa itu Bootstrap
  • memahami bagaimana penerapan Bootstrap
  • menjadi tau mengapa kita menggunkan Bootstrap bukan yang lain
Alat dan Bahan
  1. Laptop
  2. File Items
Kesimpulan
kasimpulannya adalah dimana Bootstrap itu sebuah

Referensi