Assalamu’alaikum..

                Hai sobat kali ini saya akan menjelaskan apa itu slims OPAC, OPAC yang akan dibahas pada bab ini merupakan akronim dari Online Public Access Catalogue dengan terjemahan bebas menjadi Katalog Daring Akses Publik. Untuk itu mari kita lihat penjelasan berikut ini.

Pengertian
OPAC merupakan salah satu antarmuka yang digunakan pada SLiMS.

Latar Belakang
dapat mengetahui dan faham tentang OPAC.

Uraian
OPAC merupakan salah satu antarmuka yang digunakan pada SLiMS. Selain OPAC, antarmuka lainnya adalah antarmuka Administrasi. Antarmuka Administrasi akan banyak dibahas dan dilihat pada bab-bab setelah bab ini. Di dalam bab ini, kita akan melihat pernak-pernik yang ada di dalam antarmuka OPAC.
Menu yang disediakan Home, Library News, Library Information, Library Location, Member Area, Librarian, Help on Search, Librarian Login, dan About SLiMS, serta menu pengganti bahasa antarmuka. Kolom pencarian menjadi lebih simpel karena hanya menyediakan satu kolom saja namun tidak mengurangi kualitas hasil pencarian. Penambahan fitur pada OPAC SLiMS 8 Akasia adalah fitur live chat. Kemudian penempatan media sosial juga dirubah menjadi di bagian footer.
Pencarian dalam OPAC SLiMS terdiri dari Simple Search (Pencarian Sederhana) dan Advanced Search (Pencarian Canggih). Pada Pencarian Sederhana, pencarian dapat dilakukan dengan mengetikkan kata kunci dari Judul, Pengarang, Subyek. Sedangkan pada Pencarian Canggih terdapat beberapa kolom pencarian yaitu: Title (Judul), Author (Pengarang), dan Subject (Subyek).
Seperti gambar dibawah ini :


Menu pada Tampilan OPAC
dibawah ini adalah tampilan menu-menu yang dapat diakses oleh pengguna/pemustaka.




Menu-menu tersebut dapat diakses dengan klik pada gambar garis bertumpuk 3 (tiga) pada bagian kanan atas halaman OPAC. Apabila kita klik pada menu Home, maka kita akan dibawa ke halaman OPAC.


Laman Library News ditujukan sebagai laman untuk penyampaian berita kegiatan yang dilakukan oleh Perpustakaan. Laman ini dapat digunakan untuk Content Management System (CMS) secara sederhana.




Library Information menyediakan informasi singkat tentang perpustakaan. Mulai dari alamat, nomor telepon, hingga jenis koleksi yang disediakan oleh perpustakaan tersebut.


Pada menu Library Location, perpustakaan dapat menunjukkan lokasi perpustakaannya menggunakan Google Maps dengan memasukkan koordinat lokasi perpustakaan.
Menu Member Area memberikan kemudahan bagi pengguna/pemustaka untuk dapat memantau peminjaman yang masih aktif ataupun sejarah peminjaman. Pada menu ini, pengguna/pemustaka juga dapat melakukan booking (pemesanan) bahan pustaka.












Menu Librarian menyajikan informasi profil diri pustakawan.












Menu ini memberikan penjelasan secara sederhana tentang bagaimana melakukan pencarian.












Menu Librarian Login digunakan untuk mengakses backend SLiMS. Menu ini ditujukan bagi pengelola perpustakaan yang memiliki akses.












Menu About SLiMS menjelaskan tentang versi SLiMS yang digunakan serta mencantumkan informasi tentang pengembang dan kontributor SliMS.















Pada bagian bawah kumpulan menu, terdapat menu untuk mengubah bahasa antarmuka SLiMS. Adapun bahasa-bahasa yang secara baku tersedia adalah Bahasa Arab, Bahasa Bengali, Bahasa Portugis Brasil, Bahasa Inggris, Bahasa Spanyol, Bahasa Jerman, Bahasa Indonesia, Bahasa Jepang, Bahasa Thailand, Bahasa Melayu, Bahasa Parsi.
Maksud dan Tujuan
Dapat mengetahui fungsi dan menu-menu yang ada di OPAC Slims.
Alat dan Bahan
  • Laptop
  • File items
  • Aplikasi Slims Akasia 8
Referensi
-