Assalamu’alaikum….

Hai sobat kali ini saya akan memberitahu tutorial atau cara menggabungkan tabel MySQL dengan INNER JOIN. Mungkin kalian masih bingung atau mungkin sudah tau untuk lebih jelasnya mari kita lihat penjelasan atau uraian di bawah ini.

Pengertian
INNER JOIN adalah erintah untuk menampilkan record atau menggabungkan 2 table atau lebih.

Latar Belakang
memahami perintah INNER JOIN,LEFT JOIN dan RIGHT JOIN dalam SQL.

Uraian
Untuk tutorial saya kali ini saya ingin membagi pengetahuan tentang perbedaan perintah SQL LEFT JOIN, RIGHT JOIN dan INNER JOIN. Untuk fungsinya sendiri pasti kalian sudah paham ya. Perintah JOIN dalam SQL digunakan untuk menampilkan data pada table yang saling berhubungan atau berelasi. Artinya kita dapat menampilkan data dalam beberapa table hanya dengan satu kali perintah. Oke, sekarang saya akan mempraktekan semuanya.

Pertama saya akan membuat database di phpMyAdmin, dengan nama contoh. Kemudian saya membuat 2 table:

kota

CREATE TABLE kota(
id int (3) NULL AUTO_INCREMENT,
nama varchar (40) NOT NULL,
id_provinsi int (3) NOT NULL,
PRIMARY KEY (id)
);

Buat data dalam tabel tersebut

INSERT INTO `provinsi`(id,nama,id_provinsi) VALUES (‘1’,’Jakarta’,’2’),(‘2’,’Bandung’,’2’),(‘3’,’Sumedang’,’3’),(‘4’,’Makasar’,’4’),(‘5’,’Surabaya’,’5’),(‘6’,’Medan’,’6’),


Provinsi

CREATE TABLE provinsi(
id int (1) NULL AUTO_INCREMENT,
nama varchar (50) NOT NULL,
PRIMARY KEY (id)
);

Buat data dalam tabel provinsi

INSERT INTO `provinsi`(id,nama) VALUES ('1','DKI Jakarta'),('2','Jawa Barat'),('3','Papua Barat'),('4','Sulawesi Selatan'),('5','Jawa Barat')


Kemuadian saya menggunakan fasilitas SQL untuk menulis perintah SQL yang akan menampilkan data-data dalam 2 table tersebut.


              INNER JOIN 

INNER JOIN adalah erintah untuk menampilkan record atau menggabungkan 2 table atau lebih. Pada perintah inner join, hanya data yang punya pasangan saja yang akan ditampilkan. Jika kedua table tidak ada kesamaan maka data tidak akan ditampilkan.

Ini adalah contoh dari INNER JOIN :

Syntaks

SELECT*FROM kota INNER JOIN provinsi ON kota.id_provinsi=provinsi.id;



Perintah ON kota.id_propinsi = propinsi.id, berarti akan menampilkan data-data yang mempunyai nilai sama antara id_propinsi pada table kota dan id pada table propinsi. Yang artinya data tersebut berelasi.

Hasil :








pada tampilan di atas, hanya data-data yang mempunyai nilai sama antara id_propinsi pada table kota dan id pada table propinsi yang tampil.


LEFT JOIN 

LEFT JOIN adalah hampir sama dengan Inner Join, hanya saja perintah Left Join membuat parameter dari table yang ada disebelah kiri, jika ada table yang kosong disebelah kanan, maka akan berisi NULL.

Contoh menggunakan LEFT JOIN

Syntaks

SELECT*FROM kota LEFT JOIN provinsi ON kota.id_provinsi=provinsi.id



Berbeda dengan INNER JOIN, LEFT JOIN akan menampilkan data-data yang tidak berelasi. Namun pada table propinsi (table kiri), data yg tidak berelasi akan bernilai NULL.


Hasil:








RIGHT JOIN 

RIGHT JOIN adalah perintah Right Join membuat parameter dari table yang ada disebelah Kanan, jika ada table yang kosong disebelah kiri, maka akan berisi NUL.

Contoh RIGHT JOIN

Syntaks

SELECT * FROM kota RIGHT JOIN provinsi ON kota.id_provinsi=provinsi.id


Sama dengan LEFT JOIN, RIGHT JOIN akan menampilkan data-data yang tidak berelasi. Namun kebalikan dari LEFT JOIN, pada table kota (table kanan), data yg tidak berelasi akan bernilai NULL.

 Hasil : 





Maksud dan Tujuan
dapat memahami fungsi dari INNER JOIN,LEFT JOIN dan RIGHT JOIN.

Alat dan Bahan
  • Laptop
  • File Items
  • Phymyadmin

Kesimpulan
sebenernya semua perintah sama saja hanya hasilnya yang berbeda.

Referensi