Assalamu’alaikum….


Hai sobat kali ini saya akan mempelajari apa itu enkapsulasi pada OOP, mungkin kalian masih bingung. Untuk itu kalian mengunjungi blog saya ini yang penuh dengan kekurangan. Untuk leih jelasnya yuk kita lihat penjelasan atau uraian berikut .


Pengertian
Enkapsulasi (encapsulation) adalah sebuah metoda untuk mengatur struktur class dengan cara menyembunyikan alur kerja dari class tersebut.

Laatar Belakang
untuk lebih mengetahui tentang apa itu enkapsulasi.

Uraian

Dengan enkapsulasi, kita bisa memilih property dan method apa saja yang boleh diakses, dan mana yang tidak boleh diakses. Dengan menghalangi kode program lain untuk mengubah property tertentu, class menjadi lebih terintegrasi, dan menghindari kesalahan ketika seseorang ‘mencoba’ mengubahnya. Programmer yang merancang class bisa menyediakan property dan method khusus yang memang ditujukan untuk diakses dari luar.

Melanjutkan analogi tentang class laptop, perusahaan pembuat laptop telah menyediakan ‘method’ khusus untuk menghidupkan laptop, yakni dengan cara menekan tombol on. Di dalam laptop sendiri, banyak ‘method-method’ lain yang akan dijalankan ketika kita menyalakan laptop, contohnya: mengirim sinyal booting ke processor, mengirim data dari processor ke memory, dan mengirim sinyal listrik ke LED di monitor. Akan tetapi, proses ini adalah method internal laptop dimana kita tidak perlu memahaminya untuk menghidupkan



Maksud dan Tujuan
untuk mengetahui apa itu fungsi dari public, protected dan private.

Alat dan Tujuan
  • Laptop
  • File Items

Kesimpulan
jadi Dengan enkapsulasi, kita bisa memilih property dan method apa saja yang boleh diakses, dan mana yang tidak boleh diakses. Dengan menghalangi kode program lain untuk mengubah property tertentu, class menjadi lebih terintegrasi, dan menghindari kesalahan ketika seseorang ‘mencoba’ mengubahnya.

Referensi
-