Assalamu’alaikum..

         Hai sobat kali ini saya akan mempelajari apa itu SQL dan bagaimana cara menggunakannya. Mungkin kalian sudah tau apa mungkin belum tau sama sekali tentang apa itu SQL. Untuk itu mari kita lihat pembahasan uraian tentang SQL berikut ini.

Pengertian

       SQL atau (Structured Query Language) adalah sebuah bahasa yang digunakan untuk mengakses data dalam basis data relasional.

Latar Belakang
 
     Untuk dapat memahami apa itu SQL.

Uraian
     
      Seperti yang dijelaskan pada penjelasan diatas, bahwa SQL atau (Structured Query Language) adalah sebuah bahasa yang digunakan untuk mengakses data dalam basis data relasional. Relasional sendiri berarti ebuah sistem manajemen basis data relasional atau dalam bahasa Inggrisnya dikenal sebagai relational database management system (RDBMS) adalah sebuah program komputer (atau secara lebih tipikal adalah seperangkat program komputer) yang dirancang untuk mengatur/memanajemen sebuah basis data sebagai sekumpulan data yang disimpan secara terstruktur, dan melakukan operasi-operasi atas data atas permintaan penggunanya.

SQL adalah bahasa standar untuk menyimpan, memanipulasi dan mengambil data di database. Meskipun SQL adalah standar ANSI (American National Standards Institute), ada beberapa versi bahasa SQL yang berbeda. Sebagian besar program database SQL juga memiliki ekstensi proprietary mereka sendiri selain standar SQL.


RDBMS
RDBMS adalah singkatan dari Relational Database Management System.
RDBMS adalah basis untuk SQL, dan untuk semua sistem database modern seperti MS SQL Server, IBM DB2, Oracle, MySQL, dan Microsoft Access.Data dalam RDBMS disimpan dalam objek database yang disebut tabel. Tabel adalah kumpulan entri data terkait dan terdiri dari kolom dan baris.

Contoh penggunaan DBMS ada banyak sekali dan dalam berbagai bidang kerja, misalnya akuntansi, manajemen sumber daya manusia, dan lain sebagainya. Meskipun pada awalnya DBMS hanya dimiliki oleh perusahaan-perusahaan berskala besar yang memiliki perangkat komputer yang sesuai dengan spesifikasi standar yang dibutuhkan (pada saat itu standar yang diminta dapat dikatakan sangat tinggi) untuk mendukung jumlah data yang besar, saat ini implementasinya sudah sangat banyak dan adaptatif dengan kebutuhan spesifikasi data yang rasional sehinggal dapat dimiliki dan diimplementasikan oleh segala kalangan sebagai bagian dari investasi perusahaan.

Secara umum, SQL terdiri dari dua bahasa, yaitu Data Definition Language (DDL)

dan Data Manipulation Language (DML). Implemen tasi DDL dan DML berbeda untuk tiap sistem manajemen basis data (SMBD), namun secara umum implementasi tiap bahasa ini memiliki bentuk standar yang ditetapkan ANSI.

DDL ( Data Definition Language)

DDL digunakan untuk mendefinisikan, mengubah, serta menghapus basis data dan objek-objek yang diperlukan dalam basis data, misalnya tabel, view, user, dan sebagainya. Secara umum, DDL yang digunakan adalah CREATE untuk membuat objek baru, USE untuk menggunakan objek, ALTER untuk mengubah objek yang sudah ada, dan DROP untuk menghapus objek. DDL biasanya digunakan oleh administrator basis data dalam pembuatan sebuah aplikasi basis data.

DML (Data Manipulation Language)

DML digunakan untuk memanipulasi data yang ada dalam suatu tabel. Perintah yang umum dilakukan adalah:
  • SELECT untuk menampilkan data
  • INSERT untuk menambahkan data baru
  • UPDATE untuk mengubah data yang sudah ada
  • DELETE untuk menghapus data


Fungsi Anggreger

Beberapa SMBD memiliki fungsi aggregat, yaitu fungsi-fungsi khusus yang melibatkan sekelompok data (aggregat). Secara umum fungsi aggregat adalah:

  • SUM untuk menghitung total nominal data
  • COUNT untuk menghitung jumlah kemunculan data
  • AVG untuk menghitung rata-rata sekelompok data
  • MAX dan MIN untuk mendapatkan nilai maksimum/minimum dari sekelompok data.

Fungsi aggregat digunakan pada bagian SELECT. Syarat untuk fungsi aggregat diletakkan pada bagian HAVING, bukan WHERE.

INSERT


Untuk menyimpan data dalam tabel digunakan sintaks:

INSERT INTO [NAMA_TABLE] ([DAFTAR_FIELD]) VALUES ([DAFTAR_NILAI])

Contoh:

INSERT INTO TEST (NAMA, ALAMAT, PASSWORD) VALUES ('test', 'alamat', 'pass');


UPDATE


Untuk mengubah data menggunakan sintax:

UPDATE [NAMA_TABLE] SET [NAMA_KOLOM]=[NILAI] WHERE [KONDISI]


Contoh:

UPDATE Msuser set password="123456" where username="abc"

DELETE


Untuk menghapus data dipergunakan sintaks:

DELETE FROM [nama_table] Where [KONDISI]


Contoh:

DELETE FROM TEST WHERE NAMA='test';

Maksud dan Tujuan 
 
dapat memahami apa itu SQL dalam PHP.

Alat dan Bahan
  1. Laptop
  2. File Items

Kesimpulan 
 
Bahwa dalam SQL sendiri terdiri dari DDL ( Data Definition Language
) dan DML (Data Manipulation Language). DDL digunakan untuk mendefinisikan, mengubah, serta menghapus basis data dan objek-objek yang diperlukan dalam basis data, misalnya tabel, view, user, dan sebagainya. Sedangkan DML digunakan untuk memanipulasi data yang ada dalam suatu tabel.


Refrensi