Assalamu’alaikum….

                  Hai sobat kali ini saya akan menjelaskan apa itu Class, Object, Property dan Method. Mungkin kalian belum tau makanya kalian buka blog ini. Nah untuk lebihh jelasnya kita lihat penjelasan atau uraian di bwah ini.

Pengertian

Class → yaitu sebuah penulisan yang bercetak biru atau blueprint. Yang hanya digunakan sebagai kerangka dasar saja.
Property → sering disebut juga atribut merupakan data yang terdapat dala sebuah class.
Object → hasil cetak dari class atau hasil ‘konkrit’ dari class.
Method → Tindakan yang bisa dilakukan didalam class.


Latar Belakang
Dapat memahami keempat pengertian yang dijelaskan berikut.

Uraian



Class





Sebagai analogi, class bisa diibaratkan sebagai mobil. Kita tahu bahwa mobil memiliki ciri-ciri seperti merk,ban,stir,tempat duduk dan beberapa ciri khas lain yang menyatakan benda tersebut adalah mobil. Sebuah mobil juga bisa dikenakan tindakan yaitu : menghidupkan mobil atau menghentikan mobil.

Dalam PHP, penulisan class,kemudian diikuti dengan nama dari class. Aturan penulisan class sama dengan penulisan pada variabeldalam PHP, yaitu diawali dengan huruf atau underscore untuk karakter pertama, kemudian boleh diikuti dengan huruf. Isi dari class berada pada tanda kurung kurawal.

Berikut contoh penulisannya :










Property


Seperti yang dijelaskan diatas tadi property yaitu data yang terdapat didalam class. Melanjutkan analogi dari mobil tadi bisa berupa merk, warna, jenis,jumlah roda,ukuran dan lain-lain. Seluruh aturan dan tipe data yang bisa diinput kedalam variabel, bisa juga diinput ke dalam property. Aturan penamaan property sama dengan aturan penamaan variabel.

Berikut contoh penuisan class dengan penambahan property.










Dari contoh diatas, $merk, $ukuran dan $jenis_mobil adalah property dari class mobil. Seperti yang kita lihat, penulisan property di dalam PHP sama dengan cara penulisan variabel, yakni menggunakan tanda dollar ($). Sebuah class tidak harus memiliki property.






Method


                 jika menggunakan analogi class mobil kita, maka contoh method adalah : menghidupkan mobil, menghentikan mobil, membelokkan mobil, dan lain-lain.

Method pada dasarnya adalah function yang berada di dalam class. Seluruh fungsi dan sifat function bisa diterapkan kedalam method, seperti argumen/parameter, mengembalikan nilai (dengan keyword return), dan lain-lain.


Berikut contoh penulisan class dengan penambahan method :







Dari contoh diatas, function menghidupkan_mobil() dan function mematikan_mobil() adalah method dari class mobil. Seperti yang kita lihat, bahwa penulisan method di dalam PHP sama dengan cara penulisan function. Sebuah class tidak harusmemiliki method.





Object

Sudah dijelaskan diatas behwa object merupakan hasil cetak dari class. Jika menggunakan analogi class mobil, maka objek dari class mobil bisa berupa: laptop_sinta, laptop_ria, laptop_laila, dan lain-lain. Objek dari classmobil akan memliki seluruh ciri-ciri mobil, yaitu property dan methodnya.

Proses ‘mencetak’ objek dari class ini disebut dengan ‘instansiasi’ (atau instantiation dalam bahasa inggris). Pada PHP, proses instansiasi dilakukan dengan menggunakan keyword ‘new’.

Contoh :












Dari contoh diatas, $mobil_ria dan $mobil_sinta merupakan objek dari class mobil. Kedua objek ini akan memiliki seluruh property dan method yang telah dirancang dari class mobil.


Maksud dan Tujuan
Lebih memahami lagi tentang apa yang terdapat pada pemrograman berorientasi objek.

Alat dan Bahan
  • Laptop
  • File Items
  • Text Editor

Referensi
-