Assalamu’alaikum..

      hari ini kembali lagi di blog saya yang penuh kekurangan ini. Nah kali ini saya akan mempelajari apa itu PHP XML. Untuk mempelajari lebih lanjut saya sudah mencari referensi yang faktual atau yang bagus. Mari kita lihat penjelasan saya di bawah ini:

Pengertian
     XML (Extensible Markup Language) adalah bahasa markup untuk keperluan umum yang disarankan oleh W3C untuk membuat dokumen markup keperluan pertukaran data antar sistem yang beraneka ragam.XML merupakan kelanjutan dari HTML (HyperText Markup Language) yang merupakan bahasa standar untuk melacak Internet.

Latar Belakang
    Memahami Apa itu XML (Extensible Markup Language).

Uraian

      XML didesain untuk mampu menyimpan data secara ringkas dan mudah diatur. Kata kunci utama XML adalah data (jamak dari datum) yang jika diolah bisa memberikan informasi.

XML menyediakan suatu cara terstandarisasi namun bisa dimodifikasi untuk menggambarkan isi dari dokumen.Dengan sendirinya, XML dapat digunakan untuk menggambarkan sembarang view database, tetapi dengan satu cara yang standar.

Bahasa XML adalah cara untuk menyusun data untuk berbagi di seluruh situs web.Beberapa teknologi web seperti RSS Feed dan Podcast ditulis dalam XML. XML sendiri mudah dubuat seperti HTML.

Di PHP ada dua jenis parser XML utama:

  • Tree-Based Parsers
  • Berbasis peristiwa parser


Tree-Based Parsers

Tree parser berbasis pohon menampung keseluruhan dokumen dalam Memory dan mengubah dokumen XML menjadi struktur Tree. Ini menganalisis keseluruhan dokumen, dan menyediakan akses ke elemen Tree (DOM).

Jenis parser ini adalah pilihan yang lebih baik untuk dokumen XML yang lebih kecil, namun tidak untuk dokumen XML yang besar karena menyebabkan masalah kinerja utama.

Contoh parser berbasis pohon:

  • SimpleXML => ekstensi PHP yang memungkinkan pengguna untuk dengan mudah memanipulasi / menggunakan data XML .
  • DOM ( Document Object Model ) => antarmuka pemrograman aplikasi cross-platform dan bahasa - bahasa yang memperlakukan dokumen HTML , XHTML , atau XML sebagai struktur pohon dimana setiap node merupakan objek yang merupakan bagian dari dokumen


Berbasis peristiwa parser

Parser berbasis peristiwa tidak menyimpan keseluruhan dokumen di Memori, sebaliknya, mereka membaca satu simpul sekaligus dan memungkinkan Anda berinteraksi secara real time. Begitu Anda pindah ke simpul berikutnya, yang lama dibuang begitu saja.

Jenis parser ini sangat sesuai untuk dokumen XML yang besar. Ini mem-parsing lebih cepat dan menghabiskan sedikit memori.

Contoh parser berbasis acara:

  • XMLReader
  • XML Expat Parser



PHP SimpleXML - Baca Dari String

Fungsi PHP simplexml_load_string () digunakan untuk membaca data XML dari sebuah string.

Contoh :









Hasil :








Ada Tips untuk penanganan kesalahan
Gunakkan funsi libxml untuk mengambil semua kesalahan XML saat memuat dokumen dan kemudian mengulangi kesalahan.

Contoh ;








hasil :








Maksud dan Tujuan
Supaya lebih mengenal apa itu XML.

Alat dan Bahan
  • Laptop
  • File Items
  • Text Editor

Kesimpulan
XML (Extensible Markup Language) adalah bahasa markup untuk keperluan pertukaran data antar sistem yang beraneka ragam.



Referensi