Assalamu’alaikum..


          Hai sobat… hari ini saatnya evaluasi karena dipake buat training dari cisco jadi tidak ada evaluasi. Nah pada kesempatan ini saya akan evaluasi di blog saja tentang apa yang saya pelajari minggu ini.minggu ini saya mempunyai target untuk mempelajari dan memahami apa itu JavaScript. Sumber informasi atau referensi saya untuk mempelajari JavaScript adalah
di dalamnya sudah komplit jika ingin tau lebih tentang JavaScript, tidak hanya JavaScript saja yang ada akan tetapi masih banyak lagi contohnya HTML, CSS, PHP, JQUERY itu beserta contoh dan pengertiannya. Pokoknya komplit deh buka aja web di atas kalo kalian penasaran. ;)



Pengertian
JavaScript adalah sebuah bahasa tingkat tinggi yang dinamis.

Latar Belakang
mengerti dan memahami ap itu JavaScript.

Uraian

      JavaScript mrupakan salah satu dari 3 bahasa pemrograman yang berfungsi untuk membuat interaksi pada halaman website atau aplikasi yang dibangun berbasis web. JavaScript bersifat case sensitive,maksudnya berpengaruh terhadap huruf besar dan huruf kecil. JavaScript dapat ditulis dalam tag <script> dan ditutup dengan tag </script>, juga bisa diletakkan di bagian tag <head> atau tag <body>.

Menggunakan Java Script Secara Internal
         Penulisan javascript secara internal adalah dengan cara menyisipkan langsung syntax javascript di dalam HTML. Jika teman-teman menggunakan cara ini maka teman-teman harus meletakkan di antara tag <script> pembuka dan tag </script> penutup. Dan meletakkannya bisa di dalam tag <head>, bisa juga di dalam tag <body>. Buat file HTML untuk membuat contoh penggunaan javascript secara internal. Bisa file html bisa juga php. Karena javascript mampu berjalan di antara keduanya. Di sini saya hanya membuat file html saja sebagai contoh.
Buat file HTML dengan nama belajar.html 
<html>
<head>
<title>Belajar Javascript</title>
</head>
<body>
<h1>Belajar Javascript</h1>
<h2>lailaa08.blogspot.com<h2>
<div id=”nama”></div>
<script>
document.getElementById(“nama”).innerHTML=”Nama Saya Laila”;
</script>
</body>
</html>
pada contoh diatas, terdapat sebuah element div yang kita beri id=”nama”. Dan kemudian kita memberikan sentuhan javascript di sana dengan perintah :
document.getElementById(“nama”).innerHTML=”Nama Saya Laila”;
document adalah syntax wajib di javascript , dan fungsi getElementById() berungsi untuk memerintahkan mendapatkan element yang ber id sesuai dengan yang ada dalam parameter fungsi getElementById() itu sendiri. Penulisannya harus di perhatikan ya teman-teman besar kecilnya. Karena javascript bersifat case sensitive. Yang dimaksud case sensitive adalah suatu sifat yang berpengaruh terhadap huruf besar dan huruf kecil, di sini case sensitive itu sensitif terhsdsp huruf besar atau kecil. Dan innerHTML berfungsi untuk menuliskan html. Jadi secara lengkap instruksi yang kita serukan adalah kita masukkan untuk menuliskan “Nama Saya Laila” di element yang ber id “nama”. Jika dijalankan pada browser sebagai berikut :







Menggunakan Javascript Secara Eksternal 


 
                Setelah membahas cara penulisan javascript secara internal, atau dengan cara menyisipkan syntax javascript pada html, maka di sini kita akan membahas cara lainnya untuk menggunakan javascript, yaitu dengan cara menggunakan javascript secara eksternal. Caranya yaitu buatlah dua file yaitu :
belajar.html
belajar.js
di file belajar.html kita akan menuliskan syntax HTML nya saja. Dan pada belajar.js kita akan menuliskan syntax javascript nya pada file belajar.js . cara agar kedua file bisa terhubung adalah dengan cara menghubungkannya dengan syntax berikut :
 
<script type="text/javascript" src="belajar.js"></script>
belajar.html

<html>
<head>
<title>Belajar Javascript</title>
</head>
<body>
<h1>Belajar Javascript</h1>
<h2>lailaa08.blogspot.com</h2>
<div id="nama"></div>
</body>
<script type="text/javascript" src="belajar.js"></script>
</html>
belajar.js
document.getElementById("nama").innerHTML = "Nama Saya Laila";
jika dijalankan maka hasilnya akan sama.

 Terdapat juga beberapa macam JavaScript salah satunya adalah JavaScript Function, JavaScript HTML DOM Event.

JavaScript Function
Fungsi JavaScript di definisikan dengan kata kunci fungsi , diikuti dengan nama , diikuti tanda kurung () . Nama fungsi dapat berisi huruf, angka, garis bawah, dan tanda dolar (aturan yang sama dengan variabel). Tanda kurung dapat mencakup nama parameter yang dipisahkan dengan koma
( parameter1, parameter2, ... ) Kode yang akan dieksekusi, oleh fungsinya, ditempatkan di dalam kurung kurawal {} 
 JavaScript HTML DOM Animation kita membuat animasi dalam sebuah halaman web. Seperti yang kita ketahui animasi adalah hasil pengolahan gambar sehingga menjadi gambar yang bergerak.

JavaScript HTML DOM Element

        JavaScript HTML DOM Event adalah JavaScrip yang dapat dijalankan saat sebuah peristiwa terjadi, seperti pengguna mengeklik elemen HTML. Untuk menjalankan kode saat pengguna mengeklik elemen, tambahkan kode javascript ke atribut sebuah HTML.
Contoh HTML Event:
  • Saat pengguna mengeklik mouse
  • Saat halaman web dimuat
  • Saat gambar telah dimuat
  • Saat mouse bergerak di atas sebuah elemen
  • Bila field masukan diubah
  • Saat formulir HTML dikirimkan
  • Saat pengguna memasukkan kunci 

Masih banyak lagi, untuk lebih detailnya buka aja blog saya
disitu terdapat juga contoh-contohnya, maaf ya ini cuma evaluasi jadi cuma pengertian saja.

Maksud dan tujuan
mengulang yang dipelajari kemarin tentang JavaScript.

Alat dan Bahan
  • Laptop
  • File Items
Kesimpulan
Jadi JavaScript adalah  mrupakan salah satu dari 3 bahasa pemrograman yang berfungsi untuk membuat interaksi pada halaman website atau aplikasi yang dibangun berbasis web. JavaScript bersifat case sensitive,maksudnya berpengaruh terhadap huruf besar dan huruf kecil. dan terdapat juga macam macamnya.

Referensi
1.  http://lailaa08.blogspot.co.id/ 
2.  https://www.w3schools.com/