Assalamu'alaikkum

          Hai teman-teman kali ini saya akan ngasih tau apa yang di sharingkan oleh mas aji. mungkin saya sedikit faham atau mungkin tidak faham karena jurusan saya adalah RPL sedangkan yang di bahas adalah tentang TKJ.

Pengertian
yang pertama adalah apa itu CA dan CD dan apa perbedaanya ? CA adalah untuk mencegah atau memulihkan dari tabrakan. Sedangkan CD mendeteksi terjadinya tabrakan.



LVM adalah basis kelompok volume (VG), yang dapat terdiri dari satu atau lebih PV. Hal ini memungkinkan beberapa fungsi yang berguna, seperti disk striping untuk kinerja baca / tulis yang lebih baik. LVM sendiri berfungsi untuk menggabungkan agar volumenya menjadi satu. dan cara penggabungannya cukup mudah yaitu dengan cara ditarik sampai punya Free Space.

kemudian ada kelemahan jika kita menggunakan LVM yaitu jika salah satu hardisk rusak maka semua data yang ada di dalamnya akan ikut rusak juga.

Contoh penggambarannya :





ada juga bisa menggunakan RAID, apa itu RAID ? RAID atau ( Redundant Array of Independent Disks) menggabungkan beberapa hard disk fisik ke dalam sebuah unit logis penyimpanan, dengan menggunakan perangkat lunak atau perangkat keras khusus. Solusi perangkat keras umumnya didesain untuk mendukung penggunaan beberapa hard disk secara sekaligus, dan sistem operasi tidak perlu mengetahui bagaimana cara kerja skema RAID tersebut.

Akan tetapi RAID (Redundant Array og Independent Disk) juga mempunyai kekurangan yaitu jika kita menggabungkan dengan RAID kita harus meRestart terlebih dahulu. dan jika ingin mengubah RAID 0 menjadi RAID 1, hardisk harus berjumlah genap dari total hardisk dan akan diringkas menjadi 1 tera saja. jika ada kekurangan pasti juga ada kelebihannya yaitu apabila salah satu hardisk rusak maka masih ada back up'anya tetapi hanya dapat setengah dari back up'an itu.
Contoh penggambarannya jika menggunakan RAID :
mungkin itu yang dapat saya sampaikan tentang apa yang saya dapat dari sharing tadi.sampai jumpa di blog saya selanjutnya....;)


Hasil yang didapat

dapat mengerti perbedaan CA dan CD kemudian dapat faham bagaimana cara kerja dan kelebihan dari LVM dan RAID.

Kesimpulan 
jika kalian memperhatikan dengan teliti saat seseorang sharing atau menjelaskan sesuatu pasti kalian akan mudah memahaminya walaupun sudah beberapa hari mungkin masih ingat.