Assalamu'alaikum

Hai sobat kali ini saya akan memberitahu apa atau bagaimanakah cara kerja dari wordpress. mungkin kalian sudah banyak yang menggunakan wordpress akan tetapi masih banyak yang belum terlalu mengerti apa sih sebenarnya cara kerja wordpress itu, nah untuk itu mari kita lihat penjelasan dibawah ini.

Pengertian 
Wordpress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine).

Latar Belakang 
Mengetahui bagaimana cara kerja dari wordpress.

Uraian
Langsung saja berikut adalah penjelasan bagaimana cara kerja wordpress.

WordPress pada dasarnya adalah kumpulan dari ribuan kode program PHP. Ketika pengunjung mengakses web kita, kode program ini akan diproses oleh web server dan kemudian menghasilkan kode HTML untuk dikirim kepada web browser.


Selain menggunakan PHP, wordpress juga menggunakan MySQL sebagai database yang digunakan untuk menyimpan seluruh artikel, komentar, dan data-data lainnya. Oleh karena itu, untuk dapat menggunakan wordpress di dalam komputer lokal, saya menggunakan LAMP.

 
Jadi, bagaimana cara untuk membuat web ‘live’ di internet?

Walaupun kita akan mencoba menggunakan wordpress di komputer lokal (inilah yang akan kita pelajari nantinya), namun wordpress hanya akan berguna pada situs live yang bisa diakses di internet. Jadi, bagaimana caranya?
Tersedia dua pilihan untuk hal ini. Pertama adalah mendaftar di situs www.wordpress.com, dan kalian akan memiliki situs dengan wordpress pada alamat: nama_anda.wordpress.com.


 Situs wordpress ini gratis namun dengan beberapa batasan. Salah satunya kita tidak bisa menggunakan theme sendiri (hanya bisa menggunakan theme yang disediakan).


Cara kedua adalah membuat website pribadi dengan menyewa domain dan web hosting. Melalui cara ini kita bisa mengakses seluruh fitur dari wordpress, namun hal ini tidak gratis. Untuk mendapatkan nama situs seperti www.google.com, anda harus menyewanya melalui situs penyedia domain. Sedangkan untuk meletakkan file-file seperti artikel, gambar, video, dll harus menyewa web hosting.


Situs untuk menyewa domain dan web hosting ini ada yang global (luar negeri), namun banyak juga yang lokal (server Indonesia). Untuk yang lokal kalian bisa menggunakan niagahoster, masterwebnet, jogjahost, jagoanhosting, atau qword. Untuk yang global bisa mencoba di hawkhost, bluehost, atau hostgator.
Hasil yang diharapkan
agar dapat memahami cara kerja dari wordpress.

Alat dan Bahan
  1. Laptop
  2. File Items
Kesimpulan 
jadi cara kerja dari wordpress adalah  kumpulan dari ribuan kode program PHP. Ketika pengunjung mengakses web kita, kode program ini akan diproses oleh web server dan kemudian menghasilkan kode HTML untuk dikirim kepada web browser.

 Referensi