IP Address


Assalami’alaikum Wr.Wb.

A. Pendahuluan
    Hai teman” kali ini saya akan mempelajari tentang apa itu IP Address dan macam-macamnya.mari kita simak pembahasan saya kali ini. Tetapi maaf sebelumnya kalau kurang lengkap, nanti tinggal klik pada referensi saja biar lebih jelas.

B. Pengertian
     Alamat Protokol Internet (alamat IP) adalah label numerik yang diberikan ke setiap perangkat yang terhubung ke jaringan komputer yang menggunakan protokol internet untuk komunikasi.

C. Latar Belakang
    Dalam IP Address terdapat 2 versi yaitu : Protokol Internet Versi 4 (IPv4) dan Protokol Internet Versi 6 (IPv6).

Ipv4

 

 

Mendefinisikan sebuah alamat IP sebagai nomor 32-bit, salah satu protokol inti dari metode internetworking berbasis standar internet, dan merupakan versi pertama yang digunakan untuk produksi ARPANET pada tahun 1983. protokol tanpa koneksi untuk digunakan pada jaringan packet-switched. Ini beroperasi dengan model pengiriman usaha terbaik, karena tidak menjamin pengiriman, juga tidak menjamin urutan atau penghindaran pengiriman duplikat yang tepat. Alamat IPv4 dapat diwakili dalam notasi yang mengekspresikan nilai integer 32 bit. Paling sering ditulis dalam notasi dot-decimal, yang terdiri dari 4 oktet dari alamat yang dinyatakan secara terpisah dalam bilangan desimal dan dipisahkan oleh titik-titik.

Misalnya, alamat IP quad-dot 192.0.2.235 mewakili bilangan desiamal 32-bit 3221226219, yang dalam format hexadesimal adalah 0xC00002EB. Hal ini juga dapat dinyatakan dalam format heksanya bertitik sebagai 0xC0.0x00.0x02.0xEB, atau dengan nilai byte oktal sebagai 0300.0000.0002.0353.

D. Maksud dan Tujuan 
Supaya kita dapat lebih memahami apa itu IP Address dan macam-macamnya.

E. Hasil yang diharapkan
Agar bisa mempraktikkan IPv4, IPv6 tidak terlalu ditekankan

F. Alat dan Bahan
1. Laptop
2. File item

G. Jangka waktu pelaksanaan
Jam 14.47

H. Referensi