Apa itu LAMP SERVER ??

 


Assalamu’alaikum……..

hai teman-teman kali ini saya akan belajar tentang apa itu LAMP SERVER dan apa saja aplikasi yang ada dalam Lamp server tersebut. Maaf sebelumnya kalau tulisan saya ini kurang komplit atau salah, maklum baru awal nulis blog ini.









A. Pengertian
     Lamp Server merupakan sebuah perangkat lunak bebas yang digunakan untuk menjalankan sebuah aplikasi secara lengkap. Kepanjangan LAMP server adalah ( Linux, Apache, MySQL, dan Perl/PHP/Phyton.

B. Latar Belakang
     Sistem operasi Unix dikembangkan dan diimplementasikan pada tahun 1960-an dan pertama kali dirilis pada 1970. Logo Linux (Tux) dimulai saat Linus Torvalds sedang berjalan-jalan di taman Perth. Saat sedang berjalan itulah Linus Torvalds di patok oleh seekor pinguin dan demam selama berhari-hari. Ia berfikir bahwa karakter pinguin cocok untuk menjadi logo dari sistem operasi barunya itu. Maka diadakan sebuah kompetisi membuat logo yang baru, dan kompetisi tersebut dimenangkan oleh Larry Ewing yang berhasil menggambarkan seekor pinguin yang baru.
Ada beberapa Lamp Server diantaranya adalah :







     Linux
nama Linux berasal dari nama pembuatnya yaitu Linus Torvalds, diperkenalkan pada tahun 1991.Linux adalah nama yang diberikan kepada sistem operesi komputer berbasis Unix. Linux digunakan sebagai sistem infirmasi di berbaga macam jenis perangkat komputer, termasuk Komputer Desktop, super komputer dan sistem benam seperti pembaca buku elektronik sistem permainan video (PlayStation 2, PlayStation 3, dan Xbox, telepon genggam dan router.





     Apache
Apache adalah server web yang dapat dijalankan di banyak sistem operasi (Unix, BSD, Linux, Microsoft Windows dan Novell Netware serta platform lainya) yang berguna untuk melayani dan memfungsikan situs web. Apache merupakan perangkat lunak sumber terbuka dikembangkan oleh komunitas terbuka yang terdiri dari pengembang-pengembang dibawah naungan Apache Software Foundation.




     MySQL
sebuah perangkat lunak sistem manajemen  basis data SQL (bahasa inggris: database management system) atau DBMS yang multialur, multi pengguna, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia.MySQLAB membuat MySQL tersedia sebagai perangkat lunak gratis di bawah lisensi GNU General Public Licence (GPL), tetapi mereka juga menjual di bawah lisensi komersial untuk kasus-kasus di mana penggunaannya tidak cocok dengan penggunaan GPL.MySQL dimiliki dan disponsori oleh sebuah perusahaan komersial Swedia MySQLAB, di mana memegang hak cipta hampir atas semua kode sumbernya.





     Perl
adalah bahasa pemrograman untuk segala keperluan dikembangkan pertama kali oleh Larry Wall di mesin Unix. Perl dirilis pertama kali pada tanggal 18 Desember 1987 ditandai dengan keluarnya Perl 1. Dua diantara karakteristik perl adalah penanganan teks dan berbagai jalan pintas untuk menyelesaikan persoalan-persoalan umum.

C. Alat dan Bahan
1. Laptop
2. File item

D. Jangka Waktu Pelaksanaan Kegiatan
    jam 15.48

E. Hasil Yang Diharapkan
    Bisa dapat lebih memahami tentang LAMP SERVER.

F. Temuan permasalahan
    jika ingin menginstall lamp server pada linux harus memperhatikan tahapan-tahapan yang ada,jika terdapat kesalahan sedikit saja harus mulai dari awal dan waktu menginstall harus online internet

G. Referensi
 
1. https://id.wikipedia.org/wiki/Linux#Sejarah
2. https://id.wikipedia.org/wiki/Perl