Pengertian LINK HTML


Assalamu’alaikum…

A. Pendahuluan
      kali ini saya akan membahas dan mempelajari tenntang pengertian Link pada HTML, bagaimana penggunaan link tersebut pada HTML. Pasti kalian sudah tau sebelumnya HTML itu apa, pasti juga sudah mempraktikkannya, kemudian langkah selanjutnya adalah mempraktikkan tag yang ada dalam HTML termasuk penggunaan link pada HTML.yuk kita simak sama sama.

B. Pengertian
      Link atau tautan adalah referensi ke data yang dapat diikuti pembaca dengan mengklik, mengetuk, atau melayang.

C.Latar Belakang
    Browser web biasanya menampilkan hyperlink dengan cara yang membedakan, mis. dalam warna, font atau gaya yang berbeda. Perilaku dan gaya tautan dapat ditentukan menggunakan bahasa Cascading Style Sheets (CSS).
Dalam antarmuka pengguna grafis, tampilan kursor mouse bisa berubah menjadi motif tangan untuk menunjukkan link. Di sebagian besar browser web grafis, tautan ditampilkan dalam teks biru bergaris bawah saat mereka belum dikunjungi, namun menggarisbawahi teks ungu saat mereka memiliki. Saat pengguna mengaktifkan tautan (mis., Dengan mengekliknya dengan mouse) peramban menampilkan target tautan. Jika target bukan file HTML, tergantung pada jenis file dan browser dan pluginnya, program lain mungkin diaktifkan untuk membuka file.

Ini menggunakan elemen HTML "a" dengan atribut "href" (HREF adalah singkatan  dari "Hypertext REFerence" dan secara opsional juga atribut "title", "target", dan "class" atau "id".
Ini coding yang di pakai:
<a href="URL" title="link title" target="link target" class="link class"> label tautan </a>
Untuk menyematkan tautan ke laman web, blogpost, atau komentar, mungkin diperlukan coding :
<a href="http://example.com/"> Contoh </a> 
 
Di browser web biasa, ini akan menampilkan sebagai kata "Contoh" yang di garisbawahi
dengan warna biru, yang saat di klik akan membawa pengguna ke sutus  web example.com.
 ini berkontribusi pada teks, dokumen yang bersih dan mudah dibaca.

Cara kerja Hyperlink :

  • Tautan dari satu domain ke domain lain di katakan keluar dari jangkar dan masuk ke sasarannya.
  • Jangkar tujuan yang paling umum adalah URL yang digunakan di World Wide Web. ini bisa merujuk ke dokumen, mis. halaman web, atau sumber  lain, atau ke suatu posisi dalam sebuah halaman web. yang terakhir ini dicapai dengan menggunakan elemen HTML dengan atribut "nama" atau "id" pada posisi dokumen HTML tersebut. URL dari posisi adalah URL dari halaman web dengan fragmentifier - "#id atribut" – ditambahkan.
  • Saat menautkan ke dokumen PDF dari HTML, "atribut id"
    dapat diganti dengan sintaks yang merujuk pada nomor halaman atau elemen
    lain dari PDF, misalnya, "#page=386" 
Pada html, jenis link di bagi menjadi dua bagian, yaitu relatif dan absolut, perbedaan dari kedua jenis tersebut hanya cara penulisan alamat tujuannya saja, mari kita coba jabarkan agar lebih mudah di pahami.

Link Relatif

Link relatif adalah link yang bisa dikatakan link yang mengarah langsung pada lokasi path atau direktori tujuan yang tersimpan pada web server atau komputer tanpa di awali dengan alamat domain website tersebut, sehingga dalam pengunaannya sangat tergantung pada lokasi file berada, contohnya.
<a href="relatif.html">Relatif Link</a>
atau..
<a href="direktori/relatif.html">Relatif Link</a>
Dan apabila ingin mundur selangkah pada lokasi halaman sekarang ke halaman sebelumnya maka harus dengan menggunakan “../” agar dapat pindah ke halaman pada direktori diatasnya atau ke halaman sebelumnya.


Link Absolut

Link absolut adalah link yang mengarah langsung pada website tertentu, dimana sebuah dokumen di kunci pada alamat valid sebuah website, dan tidak tergantun pada direktori lokasi dokumen html berada. Sehingga alamat dapat di gunakan pada lain website selama alamat tersebut masih valid.
Contoh:
<a href="<a class="vglnk" href="http://domain.com/absolut.html" rel="nofollow">
<span>http</span>
<span>://</span>
<span>domain</span>
<span>.</span>
<span>com</span>
<span>/</span>
<span>absolut</span>
<span>.</span>
<span>html</span>
</a>">Absolut</a>






D. Maksud dan Tujuan
      supaya dapat lebih mengetahui penggunaan link pada html dengan mudah.

E. Alat dan Bahan
1. Laptop
2. File Items
3. Text editor/notepad

F. Hasil yang di harapkan
     dapat menerapkan atau mempraktikkan pembahasan tadi menggunakan text editor atau notepad atau yang lainnya, dengan mudah.

G. Referensi