Selain Variabel juga terdapat istilah “Konstanta” atau “Constant”. Pada pembahasan kali ini kita akan mempelajari tentang pengertian dan cara penulisan Konstanta dalam PHP, serta bedanya dari variabel.

Pengertian
Konstanta (constant) adalah suatu lokasi penyimpanan (dalam memory) yang berisikan nilai yang sifatnya tetap dan tidak bisa diubah sepanjang program berjalan.

Bedanya dengan Variabel adalah kalu variabel itu isinya dapat diubah bahkan dihapus selama program itu berjalan, sedangkan konstan jika telah diberi nilai, tidak dapat diubah lagi dalam kode program. Sesuai dengan namanya “Konstant”.

Aturan Penulisan Konstanta PHP
  1. Mendefinisikan Konstanta dalam PHP
    jika dalam PHP dibikin menggunakan tanda dolar maka cara pembuatan konstantanya ada dua cara yaitu :
      1. menggunakan kata kunci (keyword) const.
      2. Menggunakan fungsi define
Untuk mendefinisikan konstanta dengan menggunakan const, caranya serupa dengan menambahkan nilai pada sebuah variabel, hanya saja didahului kata const. Berikut contoh penulisannya :



<?php
const situs = “www.wikipedia.com”;
echo situs; // www.wikipedia.com
?>



Jika memakai atau menggunakan define, fungsi ini memerlukan 2 nilai yaitu nama konstanta dan nilainya. Lihat contoh dibawah ini :



<?php
define(“situs”, “www.wikipedia.com”);
echo situs; // www.wikipedia.com
?>



Aturan penamaan konstanta sama seperti variabel, yaitu untuk karakter pertama cuma bisa memakai huruf dan underscore (_), dan untuk huruf kedua dan seterusnya , bisa memakai huruf, angka dan underscore.konstanta juga tidak bisa diawal angka atau mengandung karakter khusus sepert #,*, atau &.

Pembuatan konstanta dengan keyword const cuma bisa dipakai pada top-level scope, yaitu harus dalam lingkungan global PHP. Sehingga kita tidak dapat memakai const di dalam function, loop, atau keadaan if.
Jika kamu memerlukan konstanta di dalam fungsi, maka harus memakai keyword define.

2. Konstanta PHP bersifat Case Sensitif
Sama seperti variabel, konstanta dalam PHP bersifat case sensitif, sehingga perbedaan huruf besar dan kecil dianggap berbeda. SAYA, SaYa, dan saya merupakan 3 konstanta yang berbeda.

Meskipun kita dapat menggunakan huruf kecil pada penulisan konstanta disarankan atau dianjurkan memakai huruf besar untuk penulisan konstanta. Tujuannya yaitu agar kita dapat mudah membedakan antara variabel dan konstanta.

3. Nilai Konstanta PHP Tidak Bisa Diubah
Jika sebuah konstanta sudah didefinisikan kita tidak dapat mengubah nilai itu.

Contoh error konstanta :


<?php
define(“GAJI”, 5000000);
echo GAJI; echo “<br/>;
define(“GAJI”, 50000);
?>




4. Konstanta cuma bisa berisi tipe data tertentu
Konstanta dalam PHP cuma bisa berisi tipe data sederhana (disebut juga jenis tipe skalar) yaitu: boolean,integer,float dan string. berbeda dengan variabel, yang bisa juga berisi tipe data turunan seperti array, objek atau resources.

5. Konstanta Sistem PHP (Predefined Constant)
Sama seperti variabel, PHP juga sudah membuat beberapa konstanta yang sudah diartikan dan tidak boleh di ubah nilainya. Tetapi sebab banyaknya modul yang bisa ditambahkan kedalam PHP, Predefined Constant dalam PHP akan meningkat bergantung modul yang ada.


Maksud dan Tujuan
Lebih mengenal perbedaan Variabel dengan Konstanta.

Alat dan Bahan
  1. Laptop
  2. File Items



Sekian dan trimakasih, penjelasan diatas adalah tambahan saja mohon maaf jika ada kekurangan .