Assalamu’alaikum…

      Gimana kabarnya sobat,,, pasti baik kan ya tentu saja. Kali ini saya akan menjelaskan apa itu Themes pada wordpress kalian.mungkin kalian penasaran apa sih themes itu dan apa sih fungsinya. Langsung saja mari kita lihat penjelasan di bawah ini.

Pengertian
WordPress Themes ini digunakan untuk menambah fungsional dari segi tampilan atau layout WordPress kalian, sehingga tampilan lebih menarik lagi.
Latar Belakang
agar tahu apa itu themes pada wordpress.
Uraian
Untuk mengakses WordPress Themes, silakan masuk ke Dashboard WP Admin, lalu pilih menu Appearance – Themes. Saat kalian masuk ke bagian Themes ini, kalian akan menemukan ada beberapa themes yang telah terinstall sebelumnya. Inilah themes bawaan (default) dari WordPress.





















Ada 4 hal yang perlu di ketahui tentang WordPress Themes
Pertama, Bagaimana Cara Install WordPress Themes
Langkah awal, kalian perlu mencari Theme terlebih dahulu di Repository WordPress atau Google. Thema seperti apa yang kalian inginkan. Setelah kalian menemukan Theme yang cocok, kalian perlu meng-install theme tersebut.


Ada 2 cara untuk menginstall WordPress Theme yaitu : Aearct dari Repository WordPress atau Upload file WordPress Themes dalam bentuk zip.



Search dari Repository WordPress
  • masuk ke Dashboard WP Admin
  • Pilih menu Appearance-Themes
  • Klik tombol Add New






  • Lalu pilih Theme yang kalian inginkan.Kalian dapat melihat gambar di bawah ini.klik Latest (theme terbaru di WordPress) ataupun Populer (theme yang populer di WordPress). Kalian bisa ganti Theme sesuka kalian sesuai kebutuhan Anda.





  • Jika kalian sudah tahu niche apa yang kalian buat di Website kalian, silakan masukkan keyword yang Kalian ingin cari di kotak pencarian. Misalnya Anda ingin mencari: Wedding.Maka akan muncul semua theme yang berhubungan dengan Wedding. Setelah itu klik tombol Install.









Upload File WordPress Themes
  1. Masuk ke Masuk ke Dashboard WP Admin
  2. Pilih menu Appearance – Themes
  3. Klik tombol Add New
  4. Klik tombol Upload Theme







  5. Klik tombol Choose File & dilanjutkan klik tombol Install. Untuk mendapatkan file theme yang kalian upload, Kalian dapat mencari di google, dengan keyword: Wedding WordPress Theme, Best WordPress Theme dan seterusnya.






Kedua, Cara Mengaktifkan WordPress Themes
Setelah kalian install Theme yang Anda inginkan, kalian perlu mengaktifkan Theme tersebut. Sebelum Anda aktifkan, kalian dapat melakukan Live Preview dari tampilan Theme tersebut. Jika Anda sudah yakin dengan Theme tersebut, kalian dapat mengaktifkannya, dengan klik tombol Activate













Ketiga, Cara Menghapus WordPress Themes
Jika kalian sudah tidak memakai WordPress Theme tertentu, Anda dapat menghapus Theme tersebut. Yang perlu Anda ketahui adalah Kalian tidak dapat menghapus Theme disaat Theme sedang aktif.kalian perlu menon-aktifkan (deactive) dahulu Theme yang akan dihapus dengan cara:
  1. Masuk ke Menu Appearance – Themes
  2. Untuk menonaktifkan Theme, Anda cukup aktifkan Theme yang lain saja, dengan begitu, secara otomatis Theme akan menjadi non aktif (deactive)






  3. Klik Theme Details






  4. Klik tombol Delete untuk menghapus Theme




Keempat, Cara Melakukan Setting (Pengaturan) WordPress Themes
Setiap WordPress Theme dapat disetting (pengaturan) sesuai yang kalian inginkan. Biasanya setelah kalian berhasil install dan activate WordPress Theme, maka akan muncul menu baru di WordPress Menu kalian.
Sebagai contoh, setelah saya install theme, Wedding Style. Muncullah menu Wedding Style Options. Setiap Theme memiliki tampilan, fungsi, tata letak dan pengaturan yang berbeda-beda.
Namun, pada prinsipnya, apa saja yang perlu diatur di WordPress Theme kurang lebih sama yaitu
  • Background Color
  • Header
  • Sidebar
  • Footer




Contoh WordPress Themes
Ada begitu banyak WordPress Theme yang ada, lalu pilih mana yang paling tepat untuk Website kalian? Jawabannya adalah tergantung.
Tergantung Jenis Website yang ingin kalian buat. Saya kategorikan menjadi 3 jenis Website:
  1. Company/Personal Profile. Website ini bertujuan untuk memperkenalkan Profil dari Perusahaan atau Branding Personal. Jika kalian perhatikan, saat ini, perusahaan rata-rata memiliki Website Profil ini.
  2. Blog. Website yang bertujuan untuk memberikan Update Artikel yang bermanfaat secara berkala dari waktu ke waktu. Artikel dapat berupa berita terkini, tutorial tips, serta urutan cerita yang dapat memberi manfaat kepada para pengunjung Website.
  3. Toko Online. Website yang bertujuan untuk berjualan. Website berupa seperti etalase produk yang mau dijual serta terintegrasi agar Para Pengunjung dapat membeli secara online melalui Website ini.
Setiap jenis di atas, memiliki tampilan Theme yang berbeda, sebagai contoh, apabila Anda mau buat website toko online, maka alangkah lebih baik Anda pilih Theme yang difokuskan untuk toko online saja. Berbeda , apabila kalian pilih Blog, maka pilihlah theme yang dikhususkan untuk Blog.


Maksud dan Tujuan
untuk agar mudah dalam pengoperasian WordPress.

Alat dan Bahan
  • Laptop
  • WordPress
  • File Items
Kesimpulan
Jadi 2 kesimpulan dalam memilih WordPress Themes:
  1. Pilih WordPress Themes sesuai kebutuhan dari Tujuan Website Anda. Apakah untuk Company Profile, Blog atau untuk Toko Online
  2. Pilih Premium (Berbayar) WordPress Themes, karena memilki Fungsi Fitur yang lebih banyak dibanding Free WordPress Themes.
Referensi
-