A.Pendauluan
 Assalamu'alaikum wr.wb
untuk hari ini saya ditugaskan untuk mengikuti IT Valunteer di desa Nglinggi Kecamatan Klaten Selatan. adapun ada beberapa tahap untuk mewujudkan desa IT yang dimana penduduknya belum atau masih jarang yang bisa menggunakan IT dengan baik dan benar.



Volunteer adalah suatu kegiatan yang mengerjakan secara suka rela dan tidak mengharapkan suatu imbalan materi. dalam kegiatan ini kami melakukan kegiatan IT Volunteer yang bertujuan untuk melakukan kegiatan yang membangun kemajuan  dalam kegiatan di bidang Jaringan Internet.
B.Maksud Dan Tujuan

Maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk mengetaui keinginan dan untuk koordinasi dengan Desa Nglinggi

C.Hasil Yang Diharapkan

Hasil yang diharapakan setelah melakukan kegiatan inin adalah kita bisa mengetahui keinginan kepala Desa Nglinggi yang ingin dilaksanakan untuk pengembangan desa it.

D.Alat Dan Bahan

- buku catatan

E.Pembahasan

Menindak lanjutkan Koordinasi sebelumnya mengenai Pengebangan desa IT, dan seteah berhasil dilaksanakan pada desa pertama dan masih pada pelaksanaan pelaksanaan untuk desa yang kedua. Kami melakukan koordinasi unutk desa ketiga yaitu Deda Nglingi, Kalten Selatan, Kab. Klaten.
Dalam pelaksanaannya dari pihak Desa Nglinggi, menyampaikan keinginan, potensi, dan permasalahannya. Potensi yang dimiliki dari desa tersebut beragam. Untuk SDA dari desa tersebut sangat memadai, terdapat pariwisata di desa tersebut, lokasi desa tersebut juga tidak terlalu jauh denga kota. Sedangakan untuk SDM dari desa tersebut sudah ada pemanfaatannya, seperti yang disampaikan terdapat komunitas jepret, terdapat kelompok Darwis (Sadar Pariwisata), sehingga untuk SDM dari desa tersebut . Dalam koordinasi tersebut menghasilkan beberapa hal diantaranya :
1. Mengoptimalkan Jaringan Internet pada Desa dan Dukuh Desa
2. Meningkatkan Peran Perangkat Desa di bidang IT
3. Memanfaatkan Internet dan Teknologi untuk meningkatkan usaha di bidang UMKM
4. Mengedukasi warga untuk menggunakan Internet Secara Sehat
5. Mengedukasi IT untuk siswa SD, dan SMP dan juga meliputi internet Sehat.
6. Optimalisasi penggunaan telepon pintar (pembuatan aplikasi, dan optimalisasi aplikasi)

F.Jangka Waktu Pelaksanaan

2 jam

G.Temuan Permasalahan 

Permasalahan yang ditemukan yaitudesa tersebut belum bisa memanfaatkan IT dengan maksimal.

H.Kesimpulan

Dapat disimpulkan setelah melakukan kegiatan ini, kegiatn IT volunteer akan dilaksanakan di desa Nglinggi dengan permasalahan seperti diatas.

Wassalamu'alaikum wr.wb.